Berita

Dakwaan Pemakzukan Donald Trump Akan Diajukan Senin Lusa

Sabtu, 23 Januari 2021 - 07:18
Dakwaan Pemakzukan Donald Trump Akan Diajukan Senin Lusa Donald Trump saat berbicara di Pangkalan Bersama Andrew, Maryland, Amerika Serikat pada tanggal 20 Januari 2021. (FOTO:Reuters)

TIMES MAROS, AS – Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat akan mengajukan dakwaan pemakzulan terhadap mantan Presiden AS Donald Trump, Senin (25/1/2021) lusa.

Pemimpin Mayoritas Senat, Chuck Schumer dari partai Demokrat yang menggantikan posisi McConnell, menyampaikan hal itu, Jumat (22/1/2021).

Permintaan pemimpin minoritas senat partai Republik, Mitch McConnel dari partai Republik,  agar dakwaan itu ditunda, juga ditolak.

Chuck Schumer tidak menyebutkan kapan persidangannya akan dimulai. Namun dia menegaskan secepatnya usai mengonfirmasi Kabinet Presiden Joe Biden dan pejabat penting pemerintahan lainnya.

"DPR akan menyampaikan pasal impeachment ke Senat. Senat akan melakukan sidang pemakzulan Donald Trump. Ini akan menjadi uji coba penuh. Ini akan menjadi pengadilan yang adil,” kata Schumer seperti dilansir Reuters.

Ketua DPR, Nancy Pelosi juga  membenarkan perihal rencana itu.

Juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki mengatakan kepada wartawan, senat harus secepatnya bersidang sekaligus tentang agenda Biden, soal permintaan bantuan untuk penanganan Covid-19 dan ekonomi Amerika Serikat sebesar  untuk $ 1,9 triliun itu.

"Yang tidak bisa ditunda melalui proses ini adalah proposal tentang pemberian bantuan kepada rakyat Amerika pada saat krisis ini," tegas Psaki kepada wartawan.

Bantuan itu sangat penting disamping masalah sidang pemakzulan terhadap mantan presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

BBC melansir, jika terbukti bersalah dalam sidang senat, Trump bisa dilarang menjabat di masa depan. Inti kasus itu adalah tindakan Trump menjelang peristiwa kerusuhan 6 Januari.

Saat menjadi presiden, Donald Trump saat itu mengatakan kepada pengunjuk rasa di dekat Gedung Putih untuk "secara damai dan patriotik" membuat suara mereka didengar saat mereka sudah berbaris bersiap menuju gedung Capitol AS. Dia juga menyuruh mereka untuk "bertarung sekuat tenaga".

Demonstrasi itu kemudian berubah menjadi kerusuhan tatkala massa memaksa masuk ke kompleks kongres tempat anggota parlemen menyatakan kemenangan pemilihan Biden. Empat pengunjuk rasa dan seorang petugas Polisi Capitol meninggal dalam kekacauan itu.

Seminggu kemudian, Donald Trump menjadi Presiden AS pertama yang dimakzulkan dua kali. 10 orang anggota partai Republik juga berpihak pada Demokrat untuk melakukannya. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Maros just now

Welcome to TIMES Maros

TIMES Maros is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.